PROFIL

November 07, 2018
Profil RTBI Bengkulu


Dengan adanya Rumah Tahfidz ini bertujuan sebagai berikut :
  • Menyiapkan generasi muda yang berkualitas dan mencintai al-Qur’an
  • Mempersiapkan calon imam masjid yang berkualitas
  • Membentuk santri yang bermental dan berakhlak Qur’ani
  • Menciptakan masyarakat yang peduli dengan al-Quran dan mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari
  • Mencetak hafidz Qur’an sejak usia muda sehingga masih banyak kesempatan untuk belajar ilmu lainnya (Jadilah Muslim yang Utuh pemahamannya).


1.      Tahfidz 30 juz

Menghafal quran merupakan sunnah nabi dan sahabat yang terus dijaga oleh para salafus shaleh, tabi’in dan berlanjut sampai saat ini oleh genersi – generasi terbaik diakhir zaman. Menghafal quran ini penting sebagai wujud penjagaan Al-Quran, karena kitab kitab terdahulu isi telah dirubah orang – orang munafik, fasik dan kafir, sehingga isi dari  kitab suci terdahulu sudah tidak sesuai dengan keaslian wahyu dari Allah, karena isinya dirubah sesuai dengan hawa nafsu manusia. Sebagai kitab yang terakhir maka Allah sendiri yang berjanji menjaganya dan diantara bentuk penjagaan Allah adalah dengan di mudahkannya al Quran untuk dihafal, sehingga lahirlah para penghafal Quran. Telah terbukti dari masa ke masa selalu lahir jutaan penghafal Quran dari seluruh negri. Dengan hal ini sangat jelas estafet penjagaan Quran terus terjaga berlanjut sampai saat ini.

Rumah Tahfidz Bakti Ilaahi sebagai lembaga Tahfidz di Bengkulu merasa memiliki tanggung jawab untuk ikut andil dalam membina dan melahirkan para hafidz Quran dari Bengkulu. Maka setiap santri di latih untuk mencintai al Quran, senang berinteraksi dengan Al Quran, lalu di lanjut menghafalnya, memahaminya dan mengamalkannya.

2.      SMP Terbuka

Program ini merupakan pendampingan dari program utama RTBI, selain menghafal quran para santri dibekali pengetahuan umum sebagai mana di tingkat SMP. Program ini bekerjasama dengan SMP Terbuka yang dikelola oleh SMPN 17 Bengkulu

3.      Kepesantrenan

Program kepesantrenan bertujuan untuk membentuk karakter dan wawasan keislaman para santri, diantara pelajaran yang di ajarkan adalah sebagai berikut :

a.       Tajwid/Tahsin
b.      Motivasi Keislaman(motivasi menghafal Quran)
c.       Aqidah
d.      Fiqih
e.       B. Arab

4.      Olahraga

Untuk menjaga kebugaran para santri, mereka di agendakan untuk selalu berolah raga, diantaranya adalah sebagai berikut :
a.       Pencak Silat
b.      Lari
c.      Renang
d.      Futsal
e.      Panah

5.      Rekreasi

Setelah menghafal dan belajar para santri pasti merasa penat dan lelah. Untuk itu kita mengagendakan agenda rekreasi ketempat tempat wisata yang ada, diantaranya sebagai berikut :
a.       Rekreasi Bulanan (tempat wisata dalam kota)
b.      Rekreasi Triwulan (tempat wisata luar kota bengkulu, yang masih di provinsi Bengkulu)
c.       Rekreasi Tahunan (tempat wisata di luar provinsi Bengkulu)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »